25 Des 2009

Rumah Tinggal Luas 190 m2 di lahan 15x25 m2 (order Bambang Rismanto)

Saya posting ini juga di  http://aguscwid.com
Berikut saya tampilkan hasil perencanaan denah rumah tinggal yang berdiri di atas kavling 15 x 25 m2, sesuai permintaan mas Bambang Rismanto yaitu 3 kamar tidur dengan 3 kamar mandi, dapur, ruang keluarga dan lain-lain. Namun rupanya mas Bambang Rismanto belum memiliki dana yang langsung ada guna mewujudkan rumah impiannya.Saya rasa memang konsep rumah tumbuh lah menjadi solusi bijaksana saat ini.


Lahan berukuran 15x25 m2 (375 m2)menurut hemat saya, termasuk jenis kavling luas atau besar. Andai lahan tersebut dimanfaatkan untuk rumah satu lantai sebesar 75% saja, maka kita akan mendapatkan rumah dengan luas hampir 300 m2. Luasan bangunan yang lumayan besar bukan? dan pastinya bisa mengakomodasi kebutuhan ruangan yang lumayan banyak.

Jadi saya beranggapan Mas Bambang Rismanto memiliki angan-angan seperti apa yang saya paparkan di atas, karena saya tidak yakin kavling ini akan di bangun hanya sampai dengan tipe 36m2 atau 60m2 saja. :-) Selain itu, saya juga tidak menangkap berapa budget yang dianggarkan untuk rumah mas Bambang, maka saya sarankan Mas Bambang mencoba memulai membangun dengan tipe 70 m2 saja yang nantinya bisa dikembangkan menjadi tipe yang lebih besar.

Permintaan desain denah rumah mas Bambang, menghasilkan rancangan denah dengan luas bangunan kurang lebih 190 m2. Saya harap luasan ini bisa memenuhi kebutuhan ruangan yang diharapkan yaitu 3 kamar tidur dan 3 kamar mandi, kemudian ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan lain-lain.Tidak lupa saya sisipkan di dalam bangunan berupa taman terbuka untuk menjamin sirkulasi udara dan cahaya bagi perletakan kamar mandi/wc.

Saya juga mencoba meletakan ruang untuk keperluan strika baju, yang saya yakin akan sangat bermanfaat nantinya.Kemudian ada tempat cuci dimana mas Bambang bisa meletakan mesin cuci untuk keperluan cuci baju. Kamar mandi/wc ekstra juga saya rencanakan berdampingan dengan tempat cuci.Kamar tidur pembantu belum saya rencanakan di denah ini, namun sangat mungkin diletakan bersebelah dengan kamar mandi ekstra bila memang nanti diperlukan

Rancangan denah ini memiliki sisa lahan halaman belakang yang relatif luas, oleh karenanya teras yang luas coba saya  rencanakan lebih besar sebagai tempat beristrahat keluarga yang nyaman. Teras ini juga bisa digunakan sebagai ruang makan terbuka.

Saya rasa tidaklah sulit merencanakan penataan ruangan yang komplek ke dalam lahan seluas ini.Semua tergantung dari anggaran yang mas Bambang sediakan.Yang penting penataan ruangan haruslah senyaman mungkin.Semoga desain denah ini memberi inspirasi bagi mas Bambang.